oleh

Target Entaskan Kemiskinan, Dinsos Busel Gelar FGD Efektivitas Program Kube

Batauga, HarapanSultra.COM | Pemerintah Kabupaten Buton Selatan saat ini sedang gencar-gencarnya melakukan penanganan masalah kemiskinan disemua Kecamatan melalui berbagai macam program yang ada dimasing-masing OPD.

Salah satu diantaranya melalui Program Pemberdayaan Masyarakat dan Penanganan Kemiskinan, Perlindungan dan Jaminan Sosial serta Rehabilitasi Sosial yang ada pada Dinas Sosial Kabupaten Buton Selatan.

Kepala Dinas Sosial Busel, Konstantinus Bukide kepada awak media HarapanSultra.COM mengatakan saat ini Buton Selatan kedatangan Tim Peneliti dari Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesejahteraan Sosial Yogyakarta yang dipimpin oleh Gunawan dan Akhmad Purnama.

Kedatangan tim tersebut untuk meneliti serta mengevaluasi efektivitas program pemberdayaan Kelompok Usaha Bersama (Kube) di Indonesia dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2018  yang dilaksanakan mulai dari tanggal 13 sampai tanggal 20 september 2019.

“Kabupaten Buton Selatan menjadi satu satunya Kabupaten yang ada di Sulawesi Tenggara yang diteliti,” Sebutnya

Sejak tanggal 14 september 2019 Tim tersebut langsung turun kelokasi diantaranya di Kecamatan Batauga yaitu di Desa Lampainairi meneliti 2 Kube, Kecamatan Sampolawa Desa Gunung Sejuk 2 Kube, Desa Lipumangau 1 Kube, dan kunjungan terakhir di Kecamatan Siompu yaitu Desa Lapara di Kube “Siola” yang menjadi juara III Lomba Kube Tingkat Nasional.

“Dari kunjungan Tim tersebut menemukan adanya  beberapa Kube yang kurang aktif, hal ini dikarenakan adanya beberapa faktor, diantaranya faktor pendidikan rendah, usaha yang dijalankan sifatnya tradisional seperti jual sembako dalam skala kecil seperti jual beras dan ternak kambing yang kebanyakan dikelola oleh ibu-ibu,” Bebernya

Setelah melakukan kunjungannya kebeberapa Desa, Tim tersebut diundang untuk membahas di Forum  Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan beberapa stakeholder diantaranya beberapa kepala OPD, Camat, Kepala Desa, Dunia Usaha, Tokoh Masyarakat, TKSK dan Pendamping Kube.

Plt. Kabid Pemberdayaan Dinas Sosial Kabupaten Buton Selatan, P. Haryadi, S, Sos  menambahkan di acara FGD itu menghadirkan narasumber  dari pihak Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pelayanan Kesejahteraan Sosial Yogyakarta sebanyak dua orang dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Buton Selatan.

Salah satu peserta FGD lanjut P. Hayadi yaitu Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindag Busel, MZ. Amril Tamim, M.Si memberikan masukan untuk mensinergikan program pemberdayaan penanganan kemiskinan melalui bantuan kelompok usaha bersama (Kube) dengan UKM-UKM yang telah dibina oleh  Perindag untuk menghidupkan perekonomian dimasyarakat.

“Dinas Perindag Busel juga akan mendukung kube-kube yang membutuhkan kemasan produk unggulannya seperti kube “siola”, hal ini untuk mendongkrak harga serta menarik konsumen membeli produk-produk kube,” Tutupnya (AM)

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA