oleh

Tiga Tahun Pimpin Muna, LM Rusman Emba dan Malik Ditu Bawa Perubahan Signifikan

-Head Line-13.115 views

MUNA, Harapansultra.Com | Dalam kurun waktu tiga tahun kepimpinan Bupati Muna. LM Rusman Emba ST bersama Ir. H Abdul Malik Ditu M.Si sebagai Wakil Bupati, terbukti telah membawa perubahan dengan capaian yang sangat signifikan sesuai dengan visi misi yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Muna.

Kepala Bagian Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Kabupaten Muna, Ali Sadikin pada awak media harapansultra.com. Jumat (6/3/2020) mengatakan bahwa ditahun pertama telah dilakukan penyempurnaan pembangunan monumental seperti pembangunan mesjid Al Munajat, Rumah sakit dan pasar sentral raha dengan menggelontorkan anggaran hingga puluhan miliar.

“Tentunya dengan konsistensi dan kematangan Bupati Muna dalam memahami subtansi pembangunan,  maka beliau melakukan penyempurnaan pembangunan itu dengan mengalokasikan anggaran yang begitu besar,”  Tutur Ali.

“Selain itu, Bupati Muna juga melakukan penataan dan penyegaran birokrasi yang sesuai dengan kompetensi ASN sehingga dapat membangun stabilitas sosial kemsyarakatan yang damai dan kondusif,” ungkapnya.

Ditahun kedua lanjut Ali. dibawah kepemimpinan Rusman Emba dan Malik Ditu, Pemerintah Kabupaten Muna juga telah melakukan pembangunan yang berorentasi pada peningkatan ekonomi masyarakat seperti pembangunan destinasi wisata, pembangunan Lapak, pembangunan sektor pertanian dan tol laut.

“Sehingga mempermudah ekspor komuditi pertanian dan saat ini telah ada beberapa daerah yang sudah datang untuk studi banding di muna tentang pertanian,” Imbuhnya

“Selain itu, Pemkab telah membangun Barugano wuna yang secara subtansial tentunya menjadi sentral dan aikon budaya muna,” Bebernya.

Mantan Seketaris DLH Muna itu menyebutkan, ditahun Ketiga Mantan senator DPD RI itu disebut telah melakukan pembangunan yang berorentasi pada infrastruktur, seperti infrastruktur jalan, pendidikan, kesehatan, termasuk sarana keagamaan, infrastruktur TPA dan SPAM air bersih.

“Tentunya ini semua atas perjuangan beliau sebagai bupati,” Sebutnya.

Untuk Infrastruktur jalan tambahnya, yang telah dibangun yaitu jalan dua jalur dibagian warangga yang merupakan komitmen beliau dalam mangantisipasi arus kendararaan dari daerah-daerah tetangga yang akan kekota raha, yang dipadukan menjadi taman kota atau Ruang terbuka hijau.

“Jadi kalau ada yang mengatakan bahwa jalan dua jalur tanpa perencanaan itu hal yang keliru,” Imbuhnya.

Mengenai lampu jalan yang berada ditengah jalan itu menurut Ali tinggal menunggu waktu untuk di pindahkan.

“Sudah ada MOU antara Pemda Muna dan pihak PLN wilayah makasar,” Katanya

Selain itu semua tambanhya, banyak infrastruktur lainnya yang telah dibangun termasuk pembangunan rumah sakit moderen di bagian Muna Timur dan berbagai pembangunan lainya di berbagai sektor di Kabupaten Muna.

” Olehnya itu dengan keberhasilan pembangunan beliau tentunya akan semakin meningkat elektabilitas pemerintahan dalam menuju pembangunan yang berkelanjutan,” pungkasnya.

Pewarta : Borju

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA