oleh

Transformasi Pelayanan Publik: Kabupaten Bombana Dorong Inovasi Melalui Integrasi Informasi

-ADS-1122views

Bombana,HarapanSultra, COM / Dalam upaya meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan publik, Diskominfos Kabupaten Bombana menggelar Sosialisasi Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik. Acara yang dibuka oleh Asisten 3 Bidang Administrasi Umum, Ridwan, S.Sos., M.P.W., yang mewakili Pj. Bupati Bombana, mempertegas komitmen dalam menanggulangi tantangan pelayanan publik yang dihadapi.Kamis (02/11/2023)

Kabupaten Bombana menghadapi kendala dalam layanan publik akibat keberadaan silo informasi dan proses yang terfragmentasi, yang seringkali menimbulkan penundaan dan ketidaknyamanan bagi masyarakat. Oleh karena itu, penerapan layanan informasi terintegrasi menjadi solusi utama yang diusung untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan.

Ridwan menegaskan bahwa informasi dan komunikasi yang efektif merupakan pilar utama untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Oleh karena itu, upaya terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas, aksesibilitas, dan keamanan informasi yang disampaikan kepada masyarakat.

“Sosialisasi ini merupakan langkah yang sangat positif dalam meningkatkan efisiensi dan transparansi pelayanan publik di era digital ini,” ungkap Ridwan.

Lebih lanjut, Ridwan menyatakan bahwa sosialisasi ini memberikan wawasan terkini dalam strategi pengelolaan informasi publik. Ini diharapkan dapat memperkuat efektivitas dalam menyampaikan pesan-pesan krusial kepada masyarakat dan memberikan respons yang lebih baik terhadap kebutuhan mereka.

Pemateri dalam sosialisasi, Kabid IKP Fadlan, S.Si., MM, menyoroti langkah-langkah penting dalam memastikan penerapan layanan informasi terintegrasi yang efektif di Kabupaten Bombana. Langkah-langkah tersebut mencakup integrasi data dan sistem informasi, pengembangan aplikasi teknologi, pelatihan staf, serta evaluasi berkelanjutan.

Fadlan menegaskan bahwa penerapan layanan informasi terintegrasi akan memberikan manfaat signifikan bagi masyarakat, termasuk akses lebih mudah dan cepat terhadap informasi yang mereka butuhkan. Selain itu, proses pelayanan yang lebih efisien dan transparan serta analisis data yang lebih akurat menjadi aspek penting dari inisiatif ini.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bombana, Sofian Baco, ST., M.P.W., bersama jajaran staf Diskominfos dan peserta dari berbagai Admin Informasi OPD Kabupaten Bombana, turut serta dalam kegiatan ini, menunjukkan keseriusan dan kesamaan tekad untuk memajukan layanan publik yang lebih inovatif dan efisien.

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA