oleh

Vaksinasi Dosis Kedua di Kecamatan Rarowatu Utara Belum Mencapai Target

Bombana, HarapanSultra.COM | Pekan Vaksinasi dosis kedua untuk wilayah Kecamatan Rarowatu Utara, Kabupaten Bombana yang di selenggarakan selama sepekan mulai hari Senin tanggal 02 Agustus dan berakhir Sabtu 07 Agustus 2021 belum mencapai target yang ditetapkan.

Kepala Puskesmas Rarowatu Utara, Satar S.KM., M.Kes mengatakan dari 831 dosis yang ditargetkan, namun hingga pekan Vaksinasi kedua berakhir yang dilakukan vaksin baru mencapai 585 orang atau masih tersedia 246 dosis yang belum digunakan.

“Untuk wilayah kerja Puskesmas Rarowatu Utara, Kelurahan dan Desa dengan tingkat partisipasi tertinggi yaitu Desa Marga Jaya dan Desa watumentade,” ujar Satar, Sabtu (07/08/2021)

Ketua PPNI Bombana ini juga menjelaskan, ada beberapa alasan sehingga masyarakat enggan ke lokasi vaksinasi yaitu sebagian besar masih mempercayai informasi hoax bahwa vaksin tidak memberikan kekebalan dengan mengatakan bahwa sudah banyak yang vaksin tapi sakit sakit juga.

“Serta sebagian besar dengan alasan kesibukan sehingga tidak sempat ke lokasi vaksin,” jelas nya

Ia menilai motivasi masyarakat untuk mengikuti vaksinasi di daerahnya masih sangat kurang sehingga perlu ditingkatkan lagi upaya edukasi kepada masyarakat sekaligus menangkal banyaknya informasi hoax terkait vaksinasi ini.

Salah satunya anggapan bahwa Vaksinasi dilakukan hanya untuk mendapatkan kartu vaksin padahal seharusnya motivasinya adalah vaksinasi untuk melindungi diri agar timbul kekebalan terhadap covid-19.

“Saya sempat tanya ke beberapa warga alasan ikut vaksinasi, mereka hanya menjawab untuk mendapatkan sertifikat vaksin, karena dengan sertifikat vaksin semua urusan diperlancar,” tutupnya.

Ia optimis dalam waktu dekat target vaksinasi yang diberikan dapat tercapai secara keseluruhan.

Untuk diketahui, sejak vaksinasi Covid-19 bergulir dari Februari 2021 di Kecamatan Rarowatu Utara dengan target usia diatas 18 tahun, secara keseluruhan berjumlah 4.986 orang yang rencananya akan dituntaskan dalam beberapa pekan dalam program pekan vaksinasi Kabupaten Bombana selama tahun 2021.

Dari dua kali pelaksanaan pekan Vaksin tersebut dari target keseluruhan untuk dosis pertama telah tercapai 24,7 persen dan dosis kedua telah tercapai 11,7 persen.

Pewarta : Muh. Adnan

 

BACA JUGA BERITA MENARIK LAINNYA